Mata Katarak – Anda khawatir dengan penyakit mata katarak anda?. Apakah mata katarak bisa disembuhkan secara total?. Mata katarak adalah dimana konndisi lensa mata yang tadinya bening menjadi kerus dan mengaburkan penglihatan.

Pengobatan Mata Katarak

Lensa mata adalah bagian transparan di titik hitam ditengah bagian mata yang gelap yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada lapisan retina. dengan adanya katarak, kejernihan lensa mata menjadi berkurang dan cahaya yang masuk ke mata menjadi terhalang. Seiring bertambahnya waktu dan usia, umumnya lensa mata perlahan lahan akan menjadi keruh. Mata katarak adalah penyakit yang bisa terjadi.

Penderita Mata Katarak Di Indonesia

Katarak adalah penyebab utama dari kebutaan di dunia. Katarak juga dapat terjadi pada siapa saja mulai dari bayi dan anak anak tetapi risikonya sangat kecil sekali. Penyakit ini umumnya ditemukan pada orang orang lanjut usia dan dikenal sebagai katarak manula. Di negara Indonesia sendiri, penderita mata katarak diperkirakan terdapat sekitar 250.000 penderita yang muncul setiap tahunnya. Dan lebih dari 45 % nya kebutaan di indonesia di sebabkan oleh mata katarak.

Baca Juga : Obat Mata Katarak Paling Ampuh Hanya Dengan Herbal Tanpa Operasi

Gejala Mata Katarak

Katarak umumnya sering menyerang kedua lensa mata penderitanya dengan tingakat dan keparahan mata katarak yang berbeda beda dan tidak secara bersamaan menyerang penderitanya. Katarak tidak menyebabkan rasa sakit atau iritasi. Penderita mata katarak biasanya mengalami penglihatan yang samat samat dan berkabut. Kemudian munculah bintik atau bercak saat penglihatan anda kurang jelas. Kondisi ini juga dapat memengaruhi penglihatan anda.

  • Mata yang sensitif ketika terkena cahaya yang menyilaukan
  • Sulit melihat saat cahaya remang remang ( terutama pada malam hari ) atau sangat terang
  • Semua benda yang ada dilingkungan telihat seperti ganda
  • Semua terlihat seperti memiliki semburat kening dan coklat
  • Ukuran lensa kacamata yang sering diubah
  • Di Sekeliling cahaya terang ( misalnya lampu mobil atau lampu jalan seperti ada lingkaran cahaya )
  • Warna yang terlihat memudar atau menjadi tidak jelas

Penyebab Dan Faktor Risiko Mata Katarak

Penyebabnya mata katarak belum dapat kita ketahui secara pasti. Seiring bertambah usia, protein yang membentuk lensa mata kan berubah, termasuk kandungan airnya. Inilah yang memungkinkan lensa mata yang tadinya bening tiba tiba berubah menjadi keruh.

Baca Juga : Jus Buah Blueberry Obat Mata Katarak Paling Ampuh

Hingga sampai sekarang, alasan di balik poses penuaan yang dapat berujung pada perubahan protein di lensa mata belum dapat kita ketahui. Meski demikian, berikut ini ada beberapa faktor ynag mempertinggi risiko anda terkena mata katarak. diantaranya adalah :

  • Mata yang terpajan sinar matahari untuk waktu yang cukup lama
  • Penyakit penyakit tertentu, misalnya diabetes atau peradangan pada bagian tengah mata.
  • Konsumsi obat kortikosteroid berdosis tinggi untuk waktu yang lamat
  • Pernah menjalani operasi
  • Pernah mengalami cedera pada mata
  • Memiliki riwayat katarak dalam keluarga
  • Pola makan yang tidak sehat dan kekurangan vitamin
  • Konsumsi minuman keras dalam jumlah yang banya secara rutin

Langkah Pengobatan Mata Katarak

Kacamata dan lampu yang lebih terang mungkin bisa membantu penderita mata katarak ringan. Meski demikian, katarak akan berkembang seiring waktu dan akhirnya penderita akan membutuhkan operasi. Satu satunya langkah pengobatan yang terbukti paling efektif adalah melakukan operasi. Efek dari penyembuhannya sangat signifikan, terutama bagi penderita dengan kondisi mata katarak yang sudah berbahaya atau menghambat kegiatan sehari hari karena bisa menimbulkan penyakit mata lainya.

dalam operasi mata katarak, dimana lensa yang kerus akan di angkat dan digantukan dengan lensa yang baru terbuat dari plastik bening. Operasi tersebut biasanya dilakukan dengan pembiusan lokal agar mata anda menjadi mati rasa.

Ya, itulah tips sedikit dari kami. Semoga bermanfaat

Sumber : http://herbalpelangsing.biz/makanan-penurun-kolesterol/

Awas Janga Spam